5 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik di Indonesia 2022 - TEKAN INSTAL DIBAWAH
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik di Indonesia 2022

Sobat tahukah Anda? Di era digital saat ini diwarnai dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi seperti fintech. Pengertian  Fintech atau financial technologi merupakan penyedia jasa keuangan secara praktis, efisien, nyaman dan ekonomis . 

5-aplikasi-investasi-emas-online-terbaik-di-indonesia-2022

Sebelum membahas tentang aplikasi investasi emas online tebaik. Ada beberapa cara investasi emas yang wajib sobat ketahui nih. yuk, simak baik-baik!


1. Pastikan tujuan investasi emas

Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.


2. Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. Banyak situs situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.


3. Beli emas di tempat yang terpercaya

Ada banyak tempat yang menjual emas batangan untuk ber investasi. Namun anda sebaiknya membeli emas di tempat tempat yang menjual emas secara resmi dan terpercaya.


4. Tempat penyimpanan emas yang aman

Salah satu tips atau cara investasi emas adalah sobat semua juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman. Yang paling mudah ialah menyimpannya dirumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Atau jika merasa kurang aman anda juga bisa menyimpannya di safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank.


5 . Fokus masa depan

Sobat juga harus memahami bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan, baik itu yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang yakni 10 sampai 15 tahun mendatang. Jadi saat melakukan investasi emas, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Investasi emas sangat cocok untuk investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa 5 sampai 10 tahun mendatang. Ingat, investasi ini berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena dalam berinvestasi emas, anda harus focus terhadap tujuan dan masa depan 


Beberapa Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik di Indonesia

Nah, sekarang, kami akan berikan rekomendasi aplikasi untuk investasi emas secara online yang kredibel dengan fitur-fitur terbaik. Tenang, aplikasi-aplikasi ini sudah termasuk dalam aplikasi inestasi emas ojk yang artinya telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan layanan investasi emas online sehingga legalitasnya sudah jelas. Penasaran siapa saja mereka? Yuk, simak baik baik daftarnya :


1. Investasi emas Brankas LM (Logam Mulia)

Yang pertama yaitu aplikasi Antam untuk investasi emas secara online. Seperti yang kita tahu, Antam merupakan produsen emas dari pemerintah yang sangat kredibel. Ia memiliki sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) sehingga kamu bisa menjual emas yang kamu miliki di pasar dunia.Untuk membuka rekening, kamu harus mendatangi salah satu butik Antam terdekat. Brankas LM memberlakukan biaya administrasi sesuai tipe keanggotaan sehingga kamu memiliki banyak pilihan.


2. Investasi emas Pegadaian Digital

Pegadaian Digital disebut-sebut sebagai pelopor metode menabung emas online. Jika kamu belum pernah menggunakan jasa Pegadaian, mungkin kamu belum berpengalaman menabung emas di sini. Tapi, jangan khawatir, di Pegadaian Digital, kamu bisa menerapkan investasi emas secara online dengan murah. Pasalnya, kamu tidak akan dikenai biaya pembukaan rekening dan biaya penitipan emas di tahun pertama atau sebesar Rp 0. Sedangkan, untuk membuka rekening, kamu hanya perlu menyetor Rp 50.000 untuk mengisi saldo awal. Berikut cara investasi emas di Pegadaian :

- Mendatangi kantor Cabang Pegadaian

- Mempersiapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk membuka rekening tabungan

- Isi formulir secara lengkap

- Membayar biaya administrasi sebesar Rp 10.000 dan biaya fasilitas penitipan selama 12 bulan kurang lebih Rp 30.000

- Nasabah akan diberi buku tabungan


3. Investasi emas Indogold

Indogold di bawah PT Indogold Solusi Gadai merupakan perusahaan yang sudah lama berkiprah di industri investasi sejak 1978. Indogold juga memiliki aplikasi online untuk investasi emas mulai dari Rp 10.000 saja dengan tanpa biaya administrasi. Indogold sendiri memberikan opsi pencairan tunai emas atau pencetakan emas murni hasil produksi Antam atau UBS. Indogold sendiri juga terafiliasi dengan marketplace dan dompet digital seperti Bukalapak, DANA, OVO, Gopay, Link Aja, dan sejenisnya.


4. Investasi emas Pluang

Pluang adalah aplikasi online untuk investasi emas di bawah PG Berjangka. PG Berjangka sendiri telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Saat ini, Pluang gencar melakukan branding untuk menggaet anak muda memulai investasi.

Di Pluang, kamu hanya perlu menyiapkan Rp 5.000 saja untuk mulai menabung emas dan bebas biaya tambahan. Pluang sendiri juga bekerja sama dengan produk marketplace seperti Tokopedia Emas dan Go Investasi untuk memperluas layanannya.

Tokopedia Emas , Tabungan Emas Shopee, Buka Emas, GoInvestasi, DANAeMas

Investasi di Tokopedia Emas, kamu hanya perlu melakukan top-up mulai Rp 5.000. Sedangkan investasi emas di Shopee, kamu bisa membeli dengan harga jauh lebih murah yaitu Rp 500 saja.

Harga beli tersebut akan disetarakan dengan besaran gram emas. Setelah membeli, emas yang kamu miliki akan disimpan dalam sistem Pegadaian yang juga bisa dicairkan kapan saja.


5. BukaEmas

Menggaet marketplace untuk bekerja sama tidak hanya dilakukan Pegadaian, tetapi juga Indogold. BukaEmas yang merupakan produk Bukalapak adalah hasil kerja sama dengan Indogold. Layanan ini bisa dibilang memiliki biaya top-up paling rendah yaitu Rp 100 untuk 0,0001 gram emas. BukaEmas juga memiliki fitur cetak emas yang bisa langsung dikirim ke alamatmu.


6. DANAeMAS

Dengan investasi emas di DANA eMAS, masyarakat tidak akan kesulitan. Melalui fitur DANA eMAS yang terpasang di smartphone masyarakat bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau seharga kurang dari Rp 10.000 tanpa ada biaya tambahan. Pembelian emas juga diklaim aman, karena setiap transaksi tercatat di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dan emas fisiknya dijamin oleh KBI ( Kliring Berjangka Indonesia )


7. Go Investasi

Rekomendasi aplikasi investasi emas online terakhir adalah Go Investasi dari Gojek. Go Investasi sendiri dikelola oleh PG Berjangka, sehingga legalitasnya jelas. Selain lisensi dari BAPPEBTI dari PG Berjangka, Go Investasi juga telah mendapat lisensi syariah Digital Gold dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di Go Investasi, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 8.464 saja untuk 0,01 gram emas. Untuk pencairan emas, kamu bisa menukar emas dengan tunai melalui Gopay atau pencetakan emas produksi Antam.


Itulah rekomendasi aplikasi digital terbaik untuk investasi emas secara online. investasi emas juga bisa dijadikan pilihan selain investasi reksadana yang banyak dijadikan pilihan bagi pemula. Selain legalitas, biaya pembelian, dan biaya administrasi, pastikan juga kamu mempertimbangkan fitur-fitur pendukung yang membuatmu nyaman bertransaksi. Gimana sobat semua? Tertarik mencoba investasi emas? Semoga artikel bisa membantu sobat dalam menetukan investasi terbaik sobat semua. Selamat berinvestasi!

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik di Indonesia 2022"